Thursday, January 24, 2008

Show Me the Meaning of Being Lonely

Rasanya seperti dejavu. Satu persatu mahasiswa meninggalkan Tainan untuk menikmati libur musim dingin. Namun, mirip dengan yang kualami setahun lampau, aku masih harus berkutat dengan paper yang harus diserahkan sebelum semester baru dimulai. Bila tahun lalu harus menyelesaikan paper Econometrics, kali ini sebuah paper untuk mata kuliah Corporate Finance (1) serta sebuah proposal untuk riset yang diminta oleh pembimbingku.

Memang, tak seluruh mahasiswa Indonesia meninggalkan Taiwan. Mahasiswa Teknik Kimia, misalnya, sebagian besar ternyata bertahan tinggal guna menyelesaikan riset dan projek mereka. Namun, sebagian besar mahasiswa Indonesia di College of Management pulang kampung. Ada yang sekedar menemui keluarga, sebagian lain mencari data untuk menyelesaikan tesis, dan sebagian yang lain pulang untuk menuntaskan misi pribadi, seperti menikah, he..he..he..

Perginya sebagian mahasiswa Indonesia, tak pelak membuat beragam suasana berganti. Mailing list yang biasanya ramai mendadak sepi. Dormitory yang biasanya hiruk pikuk berganti senyap. Yang masih tinggal pun sibuk berkutat dengan urusannya masing-masing di dalam kamar. Dalam suasana seperti ini, rindu pada keluarga terasa semakin dalam. Sunyi pun terasa semakin sepi...

No comments: