Saturday, March 01, 2008

Kala Sembahyang Subuh Tak Mudah Dilakukan

"tadi subuh kan alarmku bunyi sebagaimana biasanya
eh tau ga, kamar sebelah tiba2 ngedokdok pintuku
huhuhuhu...
otomatis aku ma teman sekamar langsung kaget
spontan kumatiin wekerku
setelah weker mati dia langsung balik lagi k kamarnya
huhuhuhuhuhuhu...
gimana dunk?"


Kutipan di atas adalah keluhan seorang kawan kepadaku melalui instant messenger. Dia memang mengandalkan weker yang khusus didatangkan dari tanah air untuk membangunkannya sembahyang subuh. Memang, ada banyak masalah dalam hidup di dormitory, di mana beragam budaya bertemu. Salah satu masalah yang sering dialami oleh mahasiswa muslim adalah ketika menjalankan sembahyang subuh. Mereka sering harus menerima keluhan dari penghuni lain yang merasa terganggu dengan aktivitas mereka dalam menjalankan ibadah di saat yang lain justru baru mulai beranjak ke tempat tidur. Ketidaksukaan mereka diwujudkan dengan beragam cara. Misalnya, pernah suatu ketika, dua pintu kamar yang dihuni mahasiswi Indonesia di lantai 6 tiba-tiba ditempeli "surat cinta" yang entah ditulis oleh siapa, memprotes kegaduhan yang mereka buat di pagi buta. Cara lainnya, ya nggedor pintu seperti yang dialami seorang kawan di atas.

Pun andai tanpa tentangan, sesungguhnyalah bangun pagi untuk sembahyang subuh sudah merupakan perjuangan yang tak mudah bagi sebagian kawan, apalagi di musim dingin seperti sekarang ini. Para mahasiswa teknik kimia, misalnya, sering harus pulang ke dorm lewat tengah malam atau bahkan dini hari guna menyelesaikan eksperimennya. Ada pula yang memiliki kebiasaan chatting dengan keluarganya selepas tengah malam. Akibatnya, diperlukan perjuangan tersendiri untuk membuat mata terbuka sebelum matahari terbit, guna menunaikan kewajiban sembahyang subuh.

Salah satu cara yang juga sering mereka lakukan adalah meminta pertolongan pada orang yang masih menjalankan tradisi "hidup normal", yang beranjak ke tempat tidur pukul 23:00 atau 24:00 dan bangun sekitar lima jam kemudian. Jadi, adalah hal jamak kalau aku bangun tidur di pagi hari, menyalakan laptop, dan mendapati offline messege yang berbunyi: "tolong miskol saya pukul 6:00 untuk sembahyang subuh, sampai saya bangun ya...please...please..."

No comments: