Saturday, December 01, 2007

Waktu (Terkadang Terasa) Cepat Berlalu

Pagi ini, pukul 08.00 waktu Taiwan, kutelepon rumah. Istriku sudah berangkat kerja (katanya ada projek, sehingga Sabtu pun harus masuk kantor). Anak pertamaku juga sudah berangkat sekolah. Anak kedua pun telah bersiap berangkat. Hanya sebentar ngomong dengannya, sebelum kemudian dia berucap, "Sudah ya, Pak... Nanti saya terlambat". Tinggallah si bungsu yang berusia 10 bulan di rumah.

Ya, terkadang waktu terasa cepat berjalan. Rasanya, belum lama aku menimang-nimang anak pertamaku, Hanan. Rasanya belum lama pula aku membujuknya agar mau kembali bersekolah di sebuah Kelompok Bermain di Rawamangun, Jakarta, setelah berhari-hari mogok sekolah karena sempat menyadari pengasuhnya tak menungguinya di sekolah. Sekarang usianya telah hampir tujuh tahun, dan telah duduk di kelas 1 Sekolah Dasar. Hampir setiap sore ia bermain sepeda kesana-kemari bersama kawan-kawannya, serta sangat ngemong adik-adiknya.

Rasanya, pun belum lama aku mengajari anak keduaku, Maysa, belajar berjalan. Ah, ...sekarang (konon) kalau dia berlari, pengasuhnya pun kesulitan menangkapnya. Dia paling semangat bersekolah. Setiap pagi, setelah memperoleh konfirmasi bahwa hari itu dia bersekolah (jadwal sekolah dia hanya Selasa, Kamis, dan Sabtu), dia langsung mandi dan mengenakan pakaian seragamnya. Kalau sudah begitu, biasanya akan sulit disuruh sarapan. "Nanti seragam saya kotor... Kan saya malu kalau kotor...", begitu ia sering beralasan.

Anak ketigaku, Ayham, adalah satu-satunya anakku yang kala lahir tak ditunggui Bapaknya. Ya, ia lahir ketika aku sedang berada di Taiwan ( http://alimu.blogspot.com/2007/02/anggota-keluarga-baru.html ). Ia adalah orang yang "berjasa" membuat semua orang bangun lebih pagi daripada biasanya. Setiap sekitar pukul 04.00 pagi, ia sudah bangun, membuat kegaduhan dengan merangkak kesana kemari, melewati mereka yang masih terlelap tidur. Jadilah, ibunya dan kedua kakaknya pun menjadi terbangun karenanya. Tak lama kemudian, biasanya ia telah merengek minta makan, "mammamm... mammamm...." Mungkin karena banyak beraktivitas, meski makannya banyak, namun tubuhnya tak juga gemuk.

Benar, ...bila mengingat perkembangan anak-anak, waktu kadang terasa cepat berlalu.

3 comments:

Yolla Elwyn said...

Menunggu kehadiran anak juga membuat waktu kadang cepat berlalu..hiks..:)
Lucu2 banget anaknya pak Ali..:)
Kapan ya bisa ketemu..:)

Unknown said...

Assalamualaikum , aduh itu yang paling kecil lucu banget pak , gemes

阿里 Ali Mutasowifin said...

Keep trying bu Yolla, jia you!! Kalau balik ke Indonesia, mampir dooong....

Bung NN, iya betul. Kakak-kakaknya sampai sering nyubitin kalau gemes...