Sunday, March 16, 2008

Hilang Netti, Datang Siti

Ia seorang sahabat yang mampu membuat suasana menjadi ceria. Dan, yang terpenting, ia jago memasak. Dalam berbagai kesempatan, ia menunjukkan kebolehannya memasak dengan menjadi komandan di "Dapur Umum", Room 209. Tentu saja, para mahasiswa Indonesia yang saat itu jumlahnya tak banyak, menjadi bersuka cita karena berkesempatan sejenak melupakan rasa kangen masakan dengan cita rasa Nusantara. Namun, sekitar satu tahun lampau, karena pertimbangan keluarga, ia memutuskan tidak kembali ke Taiwan setelah menikmati libur musim dinginnya di tanah air. Netti, demikian ia akrab disapa. Tentu saja, kami bersedih menerima kenyataan ini.

Satu semester berlalu, hingga September tahun lalu datanglah seorang gadis langsing dari Surabaya, yang diterima di Program Magister Departemen Teknik Kimia NCKU. Namanya Siti, namun kawan-kawannya sering menyapanya dengan Cik Siti Nur, yang megasosiasikan dengan penyanyi kondang asal Malaysia, Siti Nurhaliza. Pembawaannya yang ceria mengingatkan kembali kepada Netti. Dan yang lebih mengingatkan kembali kepada sahabat yang saat ini menempuh program doktor di IPB itu adalah kenyataan bahwa Siti ini juga jago masak.


Dalam berbagai kesempatan, ia mengambil tongkat komando urusan masak-memasak. Dengan tangkas ia mengerjakan banyak hal dan membagi tugas ini itu kepada kawan-kawannya, tidak terkecuali kepadaku. Dengan bangga dan senyum mengembang, ia pernah berujar, "Saya senang sekali... Di Indonesia, saya adalah asisten dosen. Di sini, dosen adalah asisten saya...". Tadi malam, sebagai wujud rasa syukurnya atas keberhasilannya lulus dalam sebuah mata kuliah untuk ujian kualifikasi tingkat doktor, ia mengundang seluruh mahasiswa Indonesia untuk menikmati masakan rawon nan lezat...

1 comment:

Anonymous said...

Hello. This post is likeable, and your blog is very interesting, congratulations :-). I will add in my blogroll =). If possible gives a last there on my blog, it is about the Projetores, I hope you enjoy. The address is http://projetor-brasil.blogspot.com. A hug.