Wednesday, June 20, 2007

Dragon Boat Festival

Selasa minggu ini, adalah hari libur nasional Dragon Boat Festival di Taiwan (sementara hari Senin adalah harpitnas, di mana banyak instansi meliburkan aktivitasnya). Perayaan ini memperingati seorang penyair masa dulu bernama Qu Yuan (340 SM-278 SM). Ia bunuh diri dengan nyemplung ke sungai karena muak dengan pemerintahan Chu yang korup. Penduduk sekitar yang tahu kalau dia adalah orang yang baik, memutuskan untuk melemparkan makanan ke dalam sungai untuk memberi makan ikan dan mencegahnya memakan tubuh Qu Yuan. Makanan ini dikenal sebagai zongzi, yakni beras ketan, diisi beragam sayuran, kacang, dan daging, dengan dibungkus daun.


Mereka juga duduk di perahu panjang namun sempit, yang disebut perahu naga (dragon boat), dan berusaha menghalau ikan dengan menabuh genderang serta membentuk haluan perahu menyerupai kepala naga.

Legenda lain menyebutkan bahwa setelah Qu Yuan bunuh diri, karena masyarakat sangat mencintainya, orang-orang pun berperahu menyusuri sungai untuk mencari jasadnya.


Di Tainan, setiap tahun perayaan Dragon Boat Festival dimeriahkan dengan lomba dayung perahu, yang bahkan diikuti oleh tim-tim yang datang dari luar negeri. NCKU mengirimkan dua tim, yakni Tim IMBA dan Tim Chinese Language Centre. Sepanjang sungai pun penuh dengan para pedagang yang menjual aneka rupa penganan dan barang kerajinan. Tetapi, jangan tanya harganya....Selangit !!!!