Saturday, June 09, 2007

Graduation (or Photo Session?)

Hari ini, banyak mahasiswa mengenakan toga, membawa bunga, dan tertawa senantiasa, di seluruh penjuru kampus NCKU. Dengan didampingi orang tua, saudara, kekasih, atau keluarga lainnya, mereka sibuk berfoto sana, berfoto sini. Ya, hari ini adalah hari wisuda.

Namun, tunggu dulu. Tidak berarti mereka yang sibuk berfoto ria telah lulus. Berbeda dengan tradisi di Indonesia di mana hanya mereka yang telah lulus yang diwisuda, di NCKU (dan hampir semua perguruan tinggi di Taiwan) wisuda dilaksanakan serentak untuk angkatan yang memang seharusnya telah lulus. Ini berarti, seluruh mahasiswa angkatan tersebut, baik yang secara resmi telah lulus maupun yang belum lulus akan mengikuti wisuda, photo session, dan makan bersama-sama.

Setelah upacara wisuda usai, pada hari berikutnya mereka akan harus kembali menghadapi rutinitas: kuliah, mengerjakan tugas, presentasi, serta ujian. Bahkan, seorang mahasiswa College of Liberal Arts asal Vietnam mengaku akan masih harus kuliah sekitar satu tahun lagi untuk bisa lulus. Karenanya, amat mungkin kala saat wisuda penuh dengan canda tawa dan air mata bahagia, kala berikutnya keluar air mata derita tak lulus ujian, misalnya. Lucunya, malam harinya, banyak mahasiswa yang menyelenggarakan pesta merayakan wisuda (apa yang dirayakan?) Kata orang, "Lain padang lain belalang, lain lubuk lain ikannya."