Wednesday, September 27, 2006

Teaching Assistant

Sebagai persyaratan penerimaan beasiswa, aku harus menjadi teaching assistant. Sebetulnya aku agak enggan menerima penugasan ini, karena kewajiban ini tidak disebutkan dalam brosur dan letter of acceptance yang dikirim NCKU. Tapi aku mencoba mengambil hikmahnya. Dengan demikian aku berkesempatan belajar proses belajar mengajar dari sebuah universitas dengan tradisi akademik yang tinggi (Menurut ranking perguruan tinggi terbaik di kawasan Asia dan Australia yang dikeluarkan Asiaweek, NCKU berada di urutan 16, sementara UI terdampar di posisi 61, sedang UGM di urutan 68).

Aku ditugaskan menjadi teaching assistant Prof. Shiu Yung-Ming untuk mata kuliah Risk Management. Semula aku tidak mengambil mata kuliah ini. Tapi, daripada harus nongkrong bengong di kelas, akhirnya aku batalkan satu mata kuliah lainnya, dan kuganti dengan Risk Management, yang memang dirancang untuk disampaikan dalam bahasa Inggris.

Dua jam yang lalu kutemui Prof. Shiu, setelah berjuang beberapa lama mencari tulisan nama di pintu ruang kerja dalam aksara mandarin yang sesuai dengan contekan yang kubawa. Orangnya masih muda dan amat ramah. Kami berdiskusi cukup lama tentang tugas-tugas yang akan dikerjakan dalam kelas nantinya. Tugas pertama darinya adalah melakukan modifikasi bahan ajar berdasarkan textbooks, serta aku harus presentasi urutan pertama. Wah, beban juga nih.............